Kamis, 25 Oktober 2012

KESET AJAIB


            Kita jika masuk kerumah pasti kita enggan untuk mencopot sepatu yang melekat pada kaki kita, entah kenapa. Hal ini biasanya membuat keadaan rumah menjadi kotor dan sangat menjijikkan. Belum lagi apa bila kita ditegur oleh orang yang berada di dalam rumah,  sudah pulang dengan suasana yang sangat capek lalu kita harus mendengarkan celotehan yang sangat memnuat kita menjadi malas dengan keadaan. Saya berusaha menbuat sebuah inovasi yang mungkin nantinya bisa dijadikan sebuah ide yang sangat baik, yaitu “KESET AJAIB”.
            Ada beberapa hal yang sebenarnya kita butuhkan dan itu tidak sangat rumit dicari.
1.     Limit Switch
          Limit switch adalah salah satu sensor yang akan bekerja jika pada bagian actuator nya tertekan suatu benda, baik dari samping kiri ataupun kanan, mempunyai micro switch dibagian dalamnya yang berfungsi untuk mengontakkan atau sebagai pengontak, gambar batang yang mempunyai roda itu namanya actuator lalu diikat dengan sebuah baud, berfungsi untuk menerima tekanan dari luar, roda berfungsi agar pada saat limit switch menerima tekanan , bisa bergerak bebas, kemudian mempunyai tiga lubang pada body nya berfungsi untuk tempat dudukan baud pada saat pemasangan di mesin.

2.    Photoelectric

3.    Speaker


4.    C ounter

Counter ini digunakan untuk mendeteksi sudah berapa kali kaki di gesekkan pada keset dan nantinya akan digunakan sebagi pembuka pintu secara otomatis.


5.    Sensor Tekanan


Sensor ini biasanya diletakkan di bawah keset yang berada di depan pintu. Sensor ini akan bereaksi terhadap tekanan berat objek yang berada di atasnya. Dan jika sensor telah menerima batasan minimal dan sudah mencapai counter yang di inginkan maka akan membuka kan pintu dan nantinya akan mematikan photoelectric yang ada.
CARA KERJA

           
                    Pintu pada kanan kiri akan diberi sensor photoelectric untuk pendeteksi kita jika belum membersihkan sepatu kita atau alas kaki kita dengan keset.

                    Limit switch yang digunakan untuk mengetahui sudah berapa kita melakukan gesekan pada keset dengan kita menyentuh limit switch dan nantinya akan masuk ke kontak counter. Selain itu kita juga menggunakan sensor tekanan untuk menjadi salh satu syarat  
Untuk membuka pintu otomatis dan mematikan photo electric.
                    Cara kerja secara umum alat ini adalah bila seseorang yang ingin masuk dan tidak keset lalu melompati keset dan menyentuh sensor photoelectric maka akan membunrikan alarm yang berbunyi “KESET DULU BEERROO” dan pintu tidak akan terbuka. Setelah itu orang akan keset terlebih dahulu. Lalu jika orang keset dan menyentuh limit swith dan sensor tekan maka pertama – tama speaker akan berbunyi “ KESET LIMA GESEKAN DULU KANAN DAN KIRI DENGAN TEKANAN BARU BOLEH MASUK BIAR BERSIH”. Jika syarat itu sudah terpenuhi maka speaker juga akan berbunyi “SILAHKAN MASUK TERIMAKASIH ATAS KEBERSIHANNYA” lalu kunci otomatis akan terbuka dengan sendirinya dan sensor photoelectric akan mati.
                    Counter yang kita gunakan untuk pemberi tahu sudah berapa kali kita menggesekkan kaki kita pada keset, lalu akan mengaktifkan relay yang nantinya akan mematikan photoelectric.

By: YOHANES BABTISTA SAVIO SURYA AMANDA/111113021

1 komentar:

  1. Apa tidak rusak limit switchnya kalau diadu (digesek) dengan sepatu?

    BalasHapus